Cara Merawat Vespa Tua

Cara Merawat Vespa Tua

cara merawat body, karburator, busi vespa
Selamat pagi gan, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada anda cara perawatan vespa px dan excel agar motor tua ini awet. Bukan hanya mesin yang harus diberi perawatan, namun bagian penting lain seperti body, karburator, dan busi juga harus dirawat dengan benar.

Cara merawat body vespa

cara merawat body vespa
Dengan merawat body vespa seperti menjaga body dengan desain bulat, antik dan berkarakter ini dapat menjadikan vespa anda awet, bagus, dan tidak karatan. Sebelumnya anda pasti sudah tau bukan bahwa hampir semua body vespa terdiri dari besi, oleh karena itu menjaga kebersihan motor vespa dengan rutin sangat diperlukan, apalagi jika musim hujan atau melewati jalan berlumpur.

Cara merawat karburator vespa

cara merawat karburator vespa
Agar motor vespa tetap prima, lakukan perawatan khusus di komponen karburator, persneling, dan busi. Untuk membersihkan karburator, bersihkan sepuyer kecil dan besarnya dengan kompresor jika terdapat kotoran karena dapat menyumbat dan setting ulang lubang anginnya dengan menyalakan motor. Pada persneling, lakukan perawatan agar tidak kendor dan berikan pelumas jika diperlukan.

Cara merawat busi vespa

cara merawat busi vespa
Untuk masalah busi, terdapat 2 tipe yang dapat anda lakukan agar busi lebih tahan lama. Pertama, gunakan busi asli dan bahan bakar dengan bensin beroktan tinggi. Kedua, jangan lupa untuk merawat aki (accu) supaya tidak konslet yang dapat mengakibatkan masalah pada busi anda.

Itu beberapa tips sederhana dari saya dalam cara merawat vespa tua yang mudah-mudahan bermanfaat untuk anda. Sampai disini postingan ini dan besok saya akan kembali lagi berbagi informasi seputar dunia otomotif lainnya untuk anda.

Cara Menyetel Platina Vespa yang Benar

Cara menyetel platina vespa yang benar merupakan judul postingan saya kali ini setelah sebelumnya yaitu cara mengecat vespa sendiri yang mudah-mudahan bermanfaat untuk anda semua. Alasan saya membagikan cara setting platina pada vespa ini adalah agar motor tua yang anda miliki bisa lebih baik.

Cara Menyetel Platina Vespa Super atau PX

cara setting platina pada vespa
Tips yang akan saya beritau ini merupakan cara paling mudah dalam cara memperbaiki platina vespa dan langsung saja berikut ulasannya.
  • Walaupun dalam setting platina harus pakai perasaan, namun cara pasang dan menyetel platina di mesin vespa sama saja. Sebagai contoh misalkan pasang platina di dudukan yang juga rumah spull dan kondensor, lalu ikat pelan dulu pakai 2 sekrup kembang sebelum disettel maksimal.
  • Selanjutnya yaitu pasang magnet yang menyatu dengan kipas di poros kruk-as. Sampai batang pengungkit platina berada di nok rotor magnet dan kepala dalam posisi terbuka. Posisi itu dapat dilihat pada lubang intip yang berada di kipas.
  • Jika terlihat posisi platina sudah pada tempatnya, proses berikut yang harus anda lakukan yaitu menyeting gap atau celah platina. Tujuan dari itu untuk mencari gap agar mesin mudah hidup, langsamnya enak dan diputaran atas tidak ada gejala nembak atau timbul brebet. Baru 2 sekrup pengikat platina kita kencangkan dengan menggunakan obeng hingga kuat.
  • Kalau memakai buku panduan, gap platina yang diukur feeler gauge jaraknya kurang lebih sekitar 0,30 – 0,50 mm. Tapi karena faktor keausan yang terjadi pada rotor dan nok, atau penggunaan komponen tidak standar, maka celah gap bisa lebih sempit juga renggang.
  • Yang penting dalam hasil settingan platina vespa yang pas adalah mesin mudah dihidupkan, juga langsamnya enak dan tidak brebet waktu kita geber.
Sampai disini teorinya dan saya harap sudah mengerti dan bisa mempraktekan cara menyetel platina pada motor vespa anda. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share atau berikan komentar untuk kemajuan blog ini, atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih.